Thursday 21 July 2016

Minum Legen Biar Seger

Minum Legen dulu ndroo...biar segeerr...


Bagi sebagaian besar orang di daerah Pesisir Pantai Utara Jawa (Pantura) terutama jawa timur pasti seperti; Tuban Lamongan dan Gresik pasti pernah bahkan sering merasakan yang namanya "AIR LEGEN". Minuman yang diperoleh dengan proses menyadap tandan bunga jantan pohon siwalan ini rasanya manis dan juga menyegarkan. 

Selain itu legen juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, meskipun untuk mendapatkannya terkadang kita akan menemui banyak kesulitan karena sifat legen yang akan berubah. Bahkan setelah beberapa jam saja akan mengalami proses fermentasi akibat aktivitas mikroba tertentu. Kalau terlalu lama bisa menjadi tuak yang akan memabukkan kalau minumnya terlalu berlebihan, untuk itu sebaiknya segera dikonsumsi langsung.

Menurut para ahli gizi, buah dan minuman dari pohon lontar ini mengandung nutrisi penting bagi tubuh kita, seperti ; kandungan gizi, gula reduksi, protein, nitrogen, pH, specific gravity, mineral sebagai abu, fosfor, zat besi, vitamin c, vitamin b1.



Adapun manfaat dari minuman ini diantaranya adalah ; 
  • Sebagai Minuman Isotonic
Air legen mengandung cairan isotonis yang sanggup menggantikan keluarnya cairan tubuh berupah keringat dan mengembalikan elektronik tubuh yang hilang akibat aktivitas kita sehari-hari. bagi sebagian orang minuman ini dipercaya mampu memulihkan stamina yang mulai menurun dan bisa mengatasi gejala impotensi dan meningkatkan produksi sperma, wow.

  • Memperbaiki Fungsi Ginjal
Legen yang dihasilkan dari pohon siwalan ini dipercaya mampu mnjaga dan memperbaiki fungsi ginjal, bahkan ada beberapa jenis legen (tergantung kualitas pohonnya) yang bisa mengobati penyakit Impotensi. Namun anda perlu hati-hati dalam memilih minuman yang satu ini, karena banyak penjual minuman legen yang telah mencapurnya dengan bahan lain. 

  • Sebagai Obat Kulit (Dermatitis)
Bagian buah tua dapat digunakan sebagai obat kulit (dermatitis), akar yang terdiri dari ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernafasan. 

  • Sebagai Obat Lever
Bunga siwalan atau abu mayang (spadix) dapat digunakan untuk pengobatan sakit lever. adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi, rebusan kulit batang di campur dengan garam berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.




Terlepas dari itu semua yang jelas minuman legen seharusnya menjadi potensi alam yang tak terlewatkan begitu saja dan sangat cocok dikonsumsi apalagi saat kemarau seperti sekarang ini. Apalagi jika dikelolah dan dikemas dengan maksimal tidak menutup kemungkinan minuman tradisional ini menjadi minuman yang berkelas. 


Sedikit tips ketika membeli legen berkualitas baik agar tidak salah untuk memilihnya, secara umum jika bisa sebaiknya kita membeli langsung dari petani (pemilik) pohon siwalan yang sedang panen. tapi jika tidak bisa, kita harus memperhatikan warna, untuk legen murni warna agak keruh dan sedikit kental jika kita bandingkan dengan air, rasanyapun manis alami tidak ada rasa getirnya akibat pengaruh bahan pemanis kimia. 

Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ingin menambah silahkan tulis di kolom komentar, agar pembaca lain dapat mengetahui informasi berharga dari anda. 


0 komentar:

Post a Comment